Wednesday, May 31, 2006

Tenda Saja Mereka Tak Mampu Sediakan!

tertanggal 29 Mei 2006, pagi hari, saya mendapat sms dari kawan yang berada di Bantul, Yoyga, dari Raudal Tanjung Banua, Nur Wahida Idris, dan Saut Situmorang. pesan ini domohonkan untuk disebarkan.

pesan dari Raudal tb dan Nur Wahida Idris berbunyi: "Kami di Studio A. Suwage Ngadinegaran MJ III/ 146 Yogya, membuka Posko Peduli. Kami sangat mengharapkan sumbangan kawan-kawan, seperti tenda, selimut, susu bayi, obat-obatan, dll".

maka, bagi kawan-kawan yang ingin menyumbang silakan dapat mengirimkan ke alamat tersebut. yang saya pantau di radio, beberapa desa terpencil di wilayah yogya dan jateng ada yang belum mendapatkan/ terjamah bantuan.

hal ini dikarenakan oleh lambatnya distribusi bantuan ke wilayah-wilayah tersebut, kurang cekatannya pemerintah menangani korban bencana alam di Yogya dan Jateng padahal bantuan yang bertriliun2 telah berdatangan dari berbagai negara tetangga dan sahabat, dan yang paling parah adalah masalah birokrasi ketika korban hendak mendapatkan bantuan.

maka baiknya bantuan langsung diberikan kepada korban bencana, tidak melalui lembaga2 pemerintah yang bribet dengan masalah tetek-bengek birokrasi. mereka tidak mementingkan sisi kemanusiaan ketika korban sebenarnya harus secepatnya ditolong, malah sibuk ngurusin birokrasi. walaupun telah terjadi penjarahan di beberapa wilayah tersebut, hal itu dikarenakan ada wilayah yang memang belum mendapatkan bantuan.

lalu pesan dari bung Saut adalah: "tuliskan di surat2 pembaca mediamassa: pemerintah Indonesia gagal melakukan kewajibannya membantu korban bencana alam Yogya. tenda saja mereka tak mampu sediakan!

"bagi kawan-kawan! mari berjuang!

tabik,
sato

dari milis jurnalisme@yahoogroups.com

No comments: