Wednesday, May 31, 2006

Sekolah-Sekolah pun Hancur

Gempa Bantul Jogja ternyata membwa kesedihan juga buat anak-anak sekolah, tercatatlah SD Pundong yang terletak di sebelah posko Utama PKPU yang berada di Lapangan Kembangkerp, Kecamatan Pundong,
Kabupaten Bantul.

Kondisinya seratus persen hancur. Yang tersissa hanya mushola sekolah yang utuh. SD yang terdidir dari 6 lokal dan ruangan kantor guru ini hancur. Padahal tak lama lagi anak-anak ini akan menghadapi ujian akhir tahun. Oleh karena itu anak-anak pun harusnya mendapatkan akses yanmg luas dalam mendapatkan bantuan dan tidak terlupakan.

Jika kita menengok kerusakan hebat yang yg terjadi di Aceh pasca Tsunami, ternayata Kerusakan di bantul pun tak kalah luar biasa.

Tercatat si sepanjang jalan menuju Namtul, setelah perempatan Sewon Bantul. Kampus STIE Kerjasama yang berlantai 3 ini rusak berat, dan sangat menakutkan untuk digunakan lagi, seperti juga Gedung BPKP yang
juga rusak berat, menyusul bangunan KUA-BP4, sedangkan Kampus ISI jogja terlihat rusak di depan gerbang, terlihat bebreapa tenda di pasar Seni , sepanjang jalan ini kemarin terjadi kemacetan yang parah, menyusul banyaknya warga yang membuat posko-posko bantuan di sepanjang jalan, dan banyaknya kendaraan yang menuju lokasi bencana.

Lebih masuk kedalam di pedesaan terlihtlah rumah-rumah warga yang hancur total. Bukan –hanya yang terbuat dari kayu saja ternyata yang dari bata permanent juga hancur .

Melihat kondisi di lapangan tentang banyak juga keberadaan anak-anak yang membutuhkan perhatian, karena salah satu yang sering terlupakan dalam penanganan bencana adalah anak-anak dan orang tua dan juga
penyandang cacat.

Semoga dengan kepedulian dan penanganan bencana yang komprehensif semua warga bias terlayani denagn Baik. Kita Ingat Bahwa kita sudah terlalu sering menangani bencana, dan tentunya Jogja harus lebih baik.

Live Report: Raya from Jogja
PKPU Communication Support
www.pkpu.or.id
Mobile 081775050

No comments: