Monday, May 29, 2006

Gereja Ganjuran Terbelah Dua

Seperti diberitakan, daerah paling parah yang terkena gempa di Kabupaten Bantul adalah Kecamatan Pleret, Jetis, Imogiri dan Bambanglipuro. Minggu pagi (28/5) isteri saya pergi bersama rombongan dari Gereja Katolik Paroki Kemetiran ke Gereja Ganjuran (Bambanglipuro).

Memang cukup parah. Gerejanya terbelah dua. Konon pada Sabtu pagi sebelum gempa mereka sedang misa, jadi ada sekitar 7 orang korban yang terkena reruntuhan gereja. Enam di antaranya sudah ditemukan. Daerah sekitarnya juga parah, mayoritas rumah ambruk. Dan tidak semua wilayah terjangkau oleh bantuan. Ini juga karena keterbatasan tenaga. Tapi mereka menuju ke pelosok2 dan membagikan nasi bungkus kepada penduduk yang dari kemarin belum makan. Yang mengharukan ialah rasa kebersahajaan mereka. Tiap orang cukup satu bungkus nasi. Kalau ada yang berlebih mereka kembalikan.

Kelompok relawan dari Paroki Kemetiran ini memang memilih membagikan "nasi paket" daripada memberi bahan mentah karena bisa langsung dinikmati.Saya yakin ada banyak pihak yang dengan sukarela mau memberikan bantuan. Seperti tadi juga ada satu container dari Carrefour.

Tadi juga ada teman dari luar kota yang mau menitipkan sumbangan lewat rekening saya. Dana ini nantinya akan kami belikan sembako yang kalau perlu dimasak dulu dan siap dibagikan (disantap). Karena kami bagikan sendiri tentu kami bisa pastikan langsung diterima oleh yang memerlukan.

Gereja Ganjuran Bantul Kecamatan Bambanglipuro (Tel 0274-367 154)

Salam, Yohanes Sugianto
(dari milis sebelah)

No comments: