Sunday, June 04, 2006

Logistik Buat Relawan Sangat Mewah (?)

Waaah .. bagus deh klo POSKO FISIP independent .. Jadi bantuan langsung disalurkan, birokrasi jadi nggak terlalu sulit. Memang pengaturan dan koordinasi sangat penting biar bantuan dapat dibagikan dengan adil, tapi klo terlalu ribet itu yang jadi masalah.
Ini yg gw rasain di posko Bambanglipuro, Ganjuran. Mungkin karna suplay bantuan dari luar negeri (UNICEF dan HELP dr Jerman) kali yaa jadinya mereka butuh data detail buat laporan di nergaranya. Tapi resiko nya banyak tenaga di sana yg terbuang waktunya sia-sia karna terlalu lama menunggu, menunggu, dan menunggu ... Padahal, bantuan sudah datang (walaupun blm semua) dan data-data daerah, korban, serta kebutuhannyasudah ada ..Tapi gw heran kenapa ga disalurkan langsung ?
Parahnya warga disuruh ambil sendiri bantuannya ke posko! Sebelumnya warga yang datang disuruh mengisi data-data, trus nanti kalo bantuan sudah datang dan didata, mereka lalu dihubungi dan mengambil bantuannya sendiri! udah sengsara malah dsuruh jemput 'bola' ! BRENGSEEEEK ...
Dalam situasi yg butuh cepat, relawan yg disana akhirnya malah leyeh-leyeh' di posko, nunggu koordinasi lebih lanjut .... selama 3 hari banyak tenaga siap tempur jadi sia-sia.. kerjaannya cuma 'sok sibuk' yang sama sekali GAPENTING !
Dan herannya, logistik buat relawan di sana 'sangat mewah' ! makanan dan minuman gak pernah putus, dari kopi sampejus ..harga ayam lg mahal, dsana malah makan ayam tiap hari!
Seakan-akan mereka memapankan dirinya sendiri, baru ngebantu orang lain. kayak piknik ato darma wisata ke lokasi daerah Wisata Bencana aja. padahal dalam radius dekat banyak warga yg butuh bantuan secepatnya bahkan blm tersentuh .. miris bgt gw ngeliatnya ..
Mudah2an POSKO yang ditempati tmn2 FISIP ga seperti itu, dan gw yakin ga seperti itu ...
NYAWA LEBIH PENTING DARI PADA BIROKRASI !
KEEP ON MOBILE POSKO FISIP ..
Dari "antho shevchenko" el_rossonero@yahoo.com

No comments: