Friday, June 02, 2006

Bank Sukarelawan Gempa Yogya

Usaha membantu korban gempa Yogya saya perkirakan masih akan lama. Untuk urusan menyembuhkan luka fisik bagi para korban saja misalnya,menurut saya, bisa memakan waktu berbulan-bulan. Dokter dan perawatakan sangat diperlukan sampai setidaknya enam bulan ke depan.
Bahkan jika bantuan dana seperti yang disiarkan televisi benar-benar terwujud (puluhan atau ratusan miliar), saya kira Yogya tetap akan kekurangan sukarelawan, tak hanya dokter, tapi juga guru dan sebagainya.
Kampanye pengumpulan bantuan dana/uang saja, meski bagus dan patutdiapresiasi, tidak akan bisa mengisi kurangnya sukarelawan di lapangan. Mengingat hal itu, saya mengusulkan dibuat sebuah sistem manajemensukarelawan, via internet (cara yang termudah).
Sarana ini akan berisi:
- nama-nama orang yang bersedia menjadi sukarelawan
- kompetensi/profesinya/sekolah/universitas
- lama waktu yang disumbangkan dan kapan
- informasi kampung/desa yang membutuhkan sukarelawan (jenisnya)
- dsb
Situs internet ini bisa dicantolkan pada situs "Media Center" milik teman-teman Yayasan Airputih. Yayasan ini juga sejak hari kedua sudahmen-setup jaringan komunikasi di Yogya untuk bisa memasok data darilapangan.
Sistem manajemen sukarelawan ini memerlukan sukarelawan pula. Pertama-tama sukarelawan IT yang bisa menginstall software open-sourceseperti PHP Project di server Airputih. Kedua, sukarelawan yang mengelolanya, mengatur lalulintas sukarelawan, meng-update informasi dan sejenisnya. Bagus pula untuk menyelaraskan data sukarelawan ini dengan sumber-sumber dana yang diperlukan untuk mengangkut mereka ke dan pulang dari Yogya.
Adakah yang berminat menjadi sukarelawan IT dan pengelola awal situs ini?
salam,
Farid Gaban

No comments: