Thursday, June 01, 2006

Jaringan Relawan Jogjakarta

Bersama dengan teman-teman yang lain, lokasi pos koordinasi yang beberapa hari ini berada di rumah Pak Djuwandi (bapaknya Hasto) di Krapyak, sekarang menempati lokasi di Jalan Krasak. Yaitu sebelah timur stadion Kridosono-Kota Baru Jogjakarta. Atau di sebelah selatan Gedung pertemuan Korem 072 Pamungkas.

Koordinasi yang dilakukan di situ adalah yang tergabung dalam Jaringan Relawan Jogja (JRJ), yang bekerja sama dengan Jaringan Relawan Kemanusiaan pimpinan romo Sandyawan SJ.

Selain fokus jangka pendek dan menengah yang pada tingkat praktis melakukan pendataan serta pendistribusian kebutuhan korban, pada jangka panjang juga melakukan upaya rehabilitasi (dan juga bersifat preventive) mental masyarakat.

Sebab belajar dari kasus Aceh paska bencana, di sana dikabarkan bahwa mentalitas kebersamaan dan sepenanggungan ternyata justru semakin mengecil. Untuk tidak disebut hilang. Sebagai contoh, harga kontrakan rumah yang sangat-sangat sederhana sekalipun bisa lebih mahal daripada tarip menginap di hotel berbintang. Semua yang berkaitan dengan kebutuhan paska bencana dijadikan komoditas ekonomi.

Demikian tambahan info ini. Apabila kiranya di antara sodara-sodara ada yang berkeinginan untuk turut memberikan sumbangan tetapi belum memiliki gambaran atau peta maupun data lapangan bisa menghubungi JRJ. Demikian pula jika membutuhkan penyaluran sumbangan.
Untuk Kontak JRJ masih sama. Via Pak Hasto atau saya.

Terima Kasih.

Budi Pran

Kontak Person Jaringan Relawan Jogjakarta
Hasto : 08122743726,
Budi Pran : 02747441161 (Flexi)

Elcid li menambahkan:

...saya kemarin sms Ches-Catur...studio video editing miliknya rubuh beserta rumahnya...tapi dia beserta sekeluarganya selamat....

Apa ada yang tahu kabar dari kondisi dari Indah...Istri dari (Almarhum) Marcel (Fisip 94)...besertaputra mereka...bagaimana?Kepada Pak Anton, Bu Yunita, para mahasiswa dan dosen yang kehilangan rumah...dari jauh saya turut prihatin...untuk rekan Uus...yang kehilangan Ibu dan adiknya saya turut berduka cita.

Salam,
Elcid

No comments: